Anak adalah anugrah dan titipan Tuhan kepada orangtua untuk menjaga dan mendidiknya dengan baik.
Namun, kadangkala orangtua lupa untuk tidak mengucapkan kata-kata yang tidak seharusnya disampaikan kepada anak-anaknya. Tips berikut ini yang dilansir oleh Kompas Female bisa jadi renungan.

 

Berbagai masalah rumah tangga, pekerjaan, sampai kenakalan anak tak jarang membuat Anda lepas kontrol dan marah. Bahkan tak jarang, anak-anak menjadi sasaran kemarahan Anda, entah melalui sikap ataupun kata-kata kasar yang keluar dari mulut Anda. Hati-hati bila Anda sering kelepasan bicara seperti ini.

"Kata-kata bisa menjadi sumber inspirasi, tetapi juga bisa melukai perasaan," ungkap Chick Moorman, penulis buku Parent Talk dan Spirit Whisperers.

Meskipun anak Anda menimbulkan banyak masalah, sebagai orangtua tak sepatutnya Anda melontarkan kata-kata yang menyakitkan bagi anak. Efek dari ucapan kasar tersebut sering kali lebih merugikan daripada yang Anda bayangkan. Contohnya seperti ini:

 

  • “Kalau kamu nakal, Ibu akan meninggalkan mu di sini!”
Anda mengancam dan menakuti anak-anak dengan harapan agar mereka patuh pada perintah Anda. Perlu Anda ketahui, ketakutan terbesar anak-anak kecil adalah tersesat sendirian dan merasa tidak aman. Oleh karena itu, tindakan Anda meninggalkannya sendirian akan menimbulkan trauma bagi dirinya.


Alih-alih mengancam dan menakuti anak, lebih baik katakan keinginan Anda dengan baik. Misalnya ketika anak merengek minta mainan, katakan saja padanya, "Arka, kalau kamu terus merengek seperti itu, kita akan pulang sekarang. Tapi kalau kamu tidak nakal, kita akan tetap di toko ini dan memilih belanjaan bersama."

Alternatif lainnya adalah dengan beristirahat sejenak. Kenakalan anak dan kemarahan Anda mungkin saja merupakan tanda bahwa Anda atau anak butuh istirahat.

 

 

  • “Kamu seharusnya malu!”
Banyak orangtua yang beranggapan bahwa dengan mengungkapkan hal tersebut, anak akan malu dan akan mengubah sikapnya sesuai dengan yang mereka inginkan. Namun, anak kecil belum dapat memahami rasa malu yang terjadi akibat kesalahan yang diperbuatnya. Oleh karena itu, hal ini belum tentu langsung berhasil. Jika terlalu sering mengatakan hal ini, maka mereka hanya akan berpikir bahwa segala sesuatu yang dilakukannya selalu salah.

 

  • “Seandainya kamu tidak pernah ada!”
Kalimat ini punya makna: "Ayah dan ibu tidak pernah menginginkanmu." Karenanya, kalimat ini tidak sepantasnya diucapkan oleh orangtua. Kalimat ini akan sangat menyakitkan, baik bagi si anak maupun orang lain yang mendengarnya. Terlepas dari kenakalan yang telah dilakukan anak, ia hadir karena kehendak Anda dan suami. Maka, bersikaplah sebagai orangtua yang bertanggung jawab dengan mengasuh dan mendidik anak dengan baik, bukannya menyalahkannya karena lahir di dunia.

 

  • “Kamu yang membuat ibu bercerai!”
Tidak ada anak yang menjadi penyebab orangtuanya bercerai. Ketika kalimat ini diucapkan, maka secara tak langsung Anda membuat anak-anak menanggung beban emosional seumur hidupnya. Bahkan ketika Anda menjelaskan dengan penuh kehati-hatian tentang perceraian, anak-anak akan merasa sangat bertanggung jawab atas keputusan Anda untuk bercerai. Anak akan beranggapan bahwa jika dia bersikap lebih baik, maka Anda tidak akan bercerai. Meski tak terucapkan oleh anak, masalah ini sering jadi masalah yang serius.

 

  • “Kenapa kamu tidak seperti saudaramu yang lain?”
Dengan mengatakan hal ini, maka secara tidak langsung Anda membandingkan anak-anak dengan saudaranya yang lain bahwa anak tidak cukup pintar, cukup baik, ataupun cepat belajar dibanding saudaranya. Pembanding ini juga akan meningkatkan persaingan antarsaudara meningkat, yang kelak akan merusak hubungan persaudaraan dan mengembangkan keterpisahan. Terima setiap anak dalam keluarga Anda karena mereka memiliki keunikan dan keistimewaan sendiri. Bantu anak untuk melihat keistimewaan mereka dengan berfokus pada masing-masing individu tanpa menggunakan perbandingan.

 

  • “Biar ibu yang menyelesaikan.”
Mungkin, maksud hati ingin membantunya menyelesaikan pekerjaan rumah yang sulit dikerjakan. Namun, jika terlalu sering melakukan hal ini, maka Anda telah mengambil alih pekerjaan anak yang seharusnya bisa dikerjakannya sendiri. Hal ini justru malah akan melemahkannya. Mengambil alih pekerjaan anak mungkin bisa menghemat waktu Anda di masa sekarang, tetapi Anda meninggalkan beban di masa depan karena anak jadi tak terbiasa mandiri.

 

  • “Kalau ibu bilang begitu, ikuti saja!”
Kalimat ini memang terdengar seperti perintah keras bagi anak. Namun, arti yang terdalam dari kalimat ini adalah, "Saya orang dewasa, dan kamu anak-anak", atau "Saya pintar, dan kamu bodoh", atau "Saya berkuasa, dan kamu tidak", atau "Saya yang mengatur, dan kamu yang harus mengerjakan." Penegasan ini akan menciptakan jurang yang lebar antara Anda dan anak.


Gaya bicara seperti ini menimbulkan rasa kesal pada anak, bahkan mungkin rasa benci dan persaingan untuk berebut kekuasaan dalam rumah. Cobalah untuk menggunakan bahasa yang lebih baik untuk mengungkapkan ketidaksetujuan anak sehingga mereka lebih menghormati dan mengerti apa yang Anda rasakan.

 
Pagi pecinta seafood, cumi-cumi pasti sudah tidak asing lagi untuk disantap. Mulai dimasak asam manis, digoreng tepung dan berbagai masakan bumbu lainnya. Rasanya yang kenyal dan gurih membuat banyak orang menyukai seafood yang satu ini.

 

Sayangnya harga blackberry, untuk mengolah sendiri cumi-cumi kesukaan anda tidaklah terlalu mudah. Hal yang paling sulit untuk mengolah cumi-cumi menjadi makanan yang lezat adalah membersihkan sebelum memasaknya. Jika anda tidak teliti saat mencucinya, bisa-bisa semua daging cumi-cumi akan berubah menjadi hitam karena terkena cairan tintanya.

 

Lalu, bagaimana cara mengolah cumi-cumi yang baik dan benar? Simak beberapa tips nya di bawah ini:

 

  • Pilih cumi-cumi yang masih segar
Saat membeli cumi-cumi di pasar, Anda harus pandai dalam memilih cumi-cumi yang masih segar. Tanda dari cumi yang segar adalah badannya terasa kenyal, berwarna keunguan bertitik-titik hitam (untuk cumi-cumi ukuran kecil), dan berwarna putih dengan sedikit titik-titik hitam (untuk cumi-cumi besar, 20 cm). Cumi yang layu dan tidak mengkilap biasanya sudah hampir busuk.
 

  • Kenali karakter daging cumi-cumi
Sebelum Anda memasak, perlu diketahui bahwa cumi-cumi akan menciut usai diolah. Jadi, Anda tidak perlu bingung jika nantinya cumi-cumi yang dibeli menjadi lebih sedikit setelah dimasak. Hal ini dikarenakan jumlah kandungan air pada cumi-cumi berkurang karena proses memasak.
 

  • Membersihkan cumi-cumi
Ada beberapa langkah mencuci cumi-cumi yang harus Anda ikuti dengan benar:

  1. Pisahkan kepala dari badan cumi dengan menariknya perlahan. Buang kantung tinta yang terdapat di bawah rahang dengan pisau.
  2. Masukkan telunjuk ke dalam kantung tubuh cumi dan tarik keluar kotoran yang ada di dalamnya. Bentuk kotoran itu adalah bulatan kecil.
  3. Di dalam tubuh cumi terdapat tulang rawan di bagian punggung sebelah dalam. Tarik tulang tersebut untuk mengelupas lapisan kulit cumi yang berwarna ungu. Bersihkan kulit sehingga cumi berubah warna jadi putih.
  4. Cuci semua bagian cumi yang akan dimasak menggunakan air mengalir sampai bersih.
     
  • Memasak cumi-cumi
  1. Masukkan cumi yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan. Taburkan sedikit garam dan gula pasir, nyalakan api kecil, dan tutup wajan. Pada proses ini cumi akan mengeluarkan air. Setelah airnya surut, tuang sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Bolak-balik hingga airnya betul-betul kering. –
  2. Setelah cumi kering dan sudah ditiriskan, Anda bisa mengolahnya menjadi masakan yang diinginkan.
 
Kosmetik menjadi salah satu “harta” kesayangan kaum wanita. Tak heran kalau akhirnya di setiap kamar wanitapasti dipenuhi dengan berbagai macam alat make up mulai dari pelembab, foundation, krim malam, krim pagi dan masih banyak lagi.

 

Sayangnya, cerita lucu seringkali para wanita kurang menjaga kosmetik dan peralata make up mereka sehingga umur kosmetik kesayangan anda menjadi lebih cepat tercemar bakteri dan kadaluarsa. Beberapa kebiasaan seperti bertukar make-up dengan teman dan menaruh dengan sembarangan seringkali tanpa anda sadari dilakukan. Padahal kebiasaan kecil itulah yang kemudian mempercepat kosmetik anda menjadi kadaluarsa.

 

Lalu bagaimana download idm caranya untuk menjaga umur kosmetik anda agar tahan lama? Simak beberapa tips yang dirangkum oleh Divine Caroline di bawah ini.

 

  • Jangan menaruh kosmetik di kamar mandi
Menaruh zodiak hari ini kosmetik di kamar mandi bukan cara yang tepat. Hal ini dikarenakan panas dan kelembaban udara di kamar mandi dapat merusak kandungan kosmetik sehingga kosmetik akan lebih cepat kadaluarsa. Begitu pula dengan parfum yang diletakkan di kamar mandi. Aroma parfum dapat berubah.

 

  • Tidak memindahkan produk dari tabungnya
Anda mungkin ingin lebih ringkas dalam membawa produk perawatan, sehingga memindahkannya dari tempat asli ke tabung yang kosong. gambar lucu Hal tersebut tidak disarankan, karena produk jadi tidak lagi bekerja maksimal.

 

  • Jangan menggunakan jari saat mengambil krim
Gunakan aplikator untuk mengambil krim perawatan, seperti krim siang, malam, moisturizer atau body butter. Jika mengambil krim cara membuat website perawatan langsung menggunakan jari, maka produk perawatan Anda akan tercemar. Bakteri dari jari bisa masuk.

 

  • Hindari bertukar make up
Jangan biasakan  bertukar-tukar make-up dengan teman. Setiap orang memiliki bakteri flora, yang bisa mempengaruhi imun. Ketika imun Anda sedang drop, maka Anda akan lebih mudah sakit.

 
Sebuah karya ilmiah kata kata motivasi dibuat berdasarkan dari rentetan penelitian yang pernah dilakukan. Karena karya ilmiah harus memiliki dasar yang kuat sehingga bisa menjadi patokan seseorang dalam melakukan membuat / menciptakan sesuatu yang berhubungan dengan karya ilmiah itu sendiri. Contoh karya ilmiah tentang sampah dibawah ini bisa menjadi gambaran bagi kita tentang bagaimana bentuk karya ilmiah sampah yang pernah ada.   CONTOH KARYA ILMIAH TENTANG SAMPAH   SAMPAH RUMAH TANGGA SEBAGAI ALTERNATIF PAKAN TERNAK PELIHARAAN     I. PENDAHULUAN   Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, hidup kita banyak dikelilingi oleh sampah. Walaupun terkesan kecil dan tidak banyak mendapat perhatian, aktivitas rumah tangga ternyata banyak menghasilkan sampah rumah tangga yang jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit. Sampah keluarga itu sendiri bisa berupa sampah padat, sampah cair, dan juga sampah gas.   II. LATAR BELAKANG PEMIKIRAN   Banyaknya sampah hasil aktivitas rumah tangga tidak dibarengi oleh baiknya pengetahuan masyarakat tentang penanganan sampah keluarga itu sendiri. Sehingga sampah keluarga yang seharusnya memiliki nilai ekonomis akhirnya menjadi terbuang percuma. Oleh karena itu, penelitian ilmiah tentang sampah ini mencoba membuka pikiran masyarakat tentang pengelolaan dan penanganan sampah keluarga   III. PENELITIAN   Selama satu bulan, kami telah mencoba melakukan penelitian sebagai berikut: 1. Memisahkan sampah keluarga ke dalam golongan: sampah basah dan sampah kering 2. Sampah kering yang berupa kertas, plastik, kayu, dll kami kumpulkan kemudian kamu jual kepada pemulung 3. Sampah basah yang biasanya berupa sisa makan dan sayuran kami kumpulkan setiap harinya dan kami tampung ke dalam sebuah wadah khusus 4. Untuk sampah basah, kami hancurkan dengan menggunakan mesin pencacah rumput dan kemudian kita diamkan selam 1x24 jam 5. Selama masa pemeraman, kami menambahkan beberapa vitamin untuk hewan, diantaranya: kalsium, vit A, vit D, dll 6. Setelah 1x24 jam, sampah basah tersebut kita jemur / oven hingga benar - benar kering 7. Kemudian, proses selanjutnya, kita masukkan ke dalam mesin pallet sehingga tercetak dalam bentuk pallet makanan ternak 8. Pallet pakan ternak peliharaan tersebut bisa tahan sampai 2 bulan bila disimpan di tenpat yang kering   IV. KESIMPULAN   Dari beberapa aktivitas penelitian yang telah kita lakukan akhirnya bisa diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pallet pakan ternak peliharaan kualitasnya tidak kalah dengan pallet buatan pabrik pakan terkenal 2. Dengan melakukan proses pembuatan pallet pakan ternak secara benar dan pengeringan yang tepat, maka pallet pakan ternak bisa bertahan hingga lebih dari 2 bulan 3. Pemisahan sampah keluarga harus dilakukan dengan cermat sehingga sampah basah sebagai bahan pallet pakan ternak peliharaan tidak tercampur dengan sampah kering 4. Pengolahan sampah keluarag yang tepat bisa membantu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan sebagai aktivitas keluarga setiap harinya     V. PENUTUP   Dengan adanya penelitian ini, kami berharap apa yang telah kami lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak diantaranya adalah dengan semakin terbukanya cara pandang masyarakat terhadap sampah, terutama sampah keluarga sehingga bisa meringankan beban bumi yang kita tinggali ini.
 
Dunia film Indonesia kembali bergairah dalm beberapa tahun terakhir ini. Industri film nasional seolah terbangun dari tidur panjangnya dan berhasil menelorkan film - film Indonesia terbaik. Walaupun tidak bisa dipungkiri juga bahwa masih ada banyak film lokal yang bisa dibilang kurang bermutu, entah karena tema yang diangkat, skuel cerita, hingga para pemainnya yang dianggap tidak bisa mengangkat pamor film itu sendiri. Daftar 10 film Indonesia terbaik versi Tabloid Bintang dibawah ini mungkin bisa menjadi referensi bagi kita dalam menonton film - film lokal.     10 FILM INDONESIA TERBAIK   1. SANG PENARI   Film karya sutradara Ifa Isfansyah ini berhasil menarik perhatian masyarakat karena dianggap mampu membuka tabir lama tragedi kemanusiaan G30S yang seperti kita ketahui memiliki banyak sekali kejanggalan. Sutradara yang baru membuat 2 film ternyata telah mempu mensejajarkan dirinya dengan sutradara kenamaan Indonesia     2. JAKARTA MAGHRIB   Film besutan sutradara Salma Aristo yang selama ini kita kenal sebagai penulis skenario ini layaknya kumpulan cerita pendek yang memperlihatkan bagaiman masyarakat perkotaan Jakarta memaknai arti moment Maghrib     3. ?   Film ini bercerita tentang protes akan realita yang sering terjadi di masyarakat akhir - akhir ini dimana sering sekali terjadi konflik antar umat beragama. Padahal Indonesia terkenal sebagai sebuah negara dengan kondisi masyarakat multikultural yang hidup berdampingan dengan damai. Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini memang pantas masuk ke dalam jajaran film Indonesia terbaik     4. CATATAN HARIAN SI BOY   Ingatan kita pasti langsung melayang ke era 80'an dimana sosok si Boy sangat digemari remaja saat itu. Pemuda ganteng, anak orang kaya, serta jago basket. Terlihat sebagai sosok yang perfect saat itu. Sutradara Putratama Putra mencoba mengangkat kisah si Boy yang tentu saja disesuaiakan dengan trend remaja tahun 2000'an     5. THE PERFECT HOUSE   Film horor karya sutradara Affandi Abdul Rahman ini sukses menciptakan sosok mengerikan, Madam Rita,  yang memunculkan kesan mencekam.     6. THE MIRROR NEVER LIES   Film ini menceritakan tentang hubungan ibu-anak di kampung nelayan suku Bajo - Sulawesi. Film karya sutradara Kamila Andini ini tidak hanya menampilan setting cerita yang uni dan menarik, namun juga berhasil memamerkan kondisi alam daerah setempat beserta terumbu karang yang menjadi andalan tujuan wisata setempat     7. LIMA ELANG   Film yang menceritakan tentang kegiatan ekstra kurikuler yang sangat seru. Film karya sutradara Rudy Soedjarwo ini bertujuan untuk emngingatkan anak-anak jaman sekarang bahwa tidak hanya PS, Blackberry, dan aneka gadget lainnya yang bisa membuat hidup mereka menjadi seru tapi ada juga kegiatan ala seperti pramuka yang tidak kalah serunya dengan gadget - gadget mereka tersebut     8. KHALIFAH   Film yang disutradari oleh Nurman Hakim ini menceritakan semuah tema tentang wanita yang mengenakan jilbab cadar. Sangat sensitif memang tema yang diangkat. Namun sang sutradara berhasil mengemas tema tersebut menjadi sebuah cerita yang layak diacungi jempol     9. ARISAN!2   Film karya sutradara Nia Dinata ini merupakan kelanjutan dari film Arisan yang pernah dirilis pada tahun 2003 lalu. Walaupun banyak yang bilang Arisan pertama lebih greget, namun dengan hadirnya sosok Rio Dewanto dan Adinia Wirasti bisa menjadi warna baru bagi film ini.     10. TENDANGAN DARI LANGIT   Akting Irfan Bachdim terlihat kaku di film ini, namun pesan dari yang ingin disampaikan sutradara Hanung Bramantyo tentang kisah anak kampung yang bercita - cita jadi pemain sepak bola profesional bisa disampaikan dengan apik.