Pagi pecinta seafood, cumi-cumi pasti sudah tidak asing lagi untuk disantap. Mulai dimasak asam manis, digoreng tepung dan berbagai masakan bumbu lainnya. Rasanya yang kenyal dan gurih membuat banyak orang menyukai seafood yang satu ini.

 

Sayangnya harga blackberry, untuk mengolah sendiri cumi-cumi kesukaan anda tidaklah terlalu mudah. Hal yang paling sulit untuk mengolah cumi-cumi menjadi makanan yang lezat adalah membersihkan sebelum memasaknya. Jika anda tidak teliti saat mencucinya, bisa-bisa semua daging cumi-cumi akan berubah menjadi hitam karena terkena cairan tintanya.

 

Lalu, bagaimana cara mengolah cumi-cumi yang baik dan benar? Simak beberapa tips nya di bawah ini:

 

  • Pilih cumi-cumi yang masih segar
Saat membeli cumi-cumi di pasar, Anda harus pandai dalam memilih cumi-cumi yang masih segar. Tanda dari cumi yang segar adalah badannya terasa kenyal, berwarna keunguan bertitik-titik hitam (untuk cumi-cumi ukuran kecil), dan berwarna putih dengan sedikit titik-titik hitam (untuk cumi-cumi besar, 20 cm). Cumi yang layu dan tidak mengkilap biasanya sudah hampir busuk.
 

  • Kenali karakter daging cumi-cumi
Sebelum Anda memasak, perlu diketahui bahwa cumi-cumi akan menciut usai diolah. Jadi, Anda tidak perlu bingung jika nantinya cumi-cumi yang dibeli menjadi lebih sedikit setelah dimasak. Hal ini dikarenakan jumlah kandungan air pada cumi-cumi berkurang karena proses memasak.
 

  • Membersihkan cumi-cumi
Ada beberapa langkah mencuci cumi-cumi yang harus Anda ikuti dengan benar:

  1. Pisahkan kepala dari badan cumi dengan menariknya perlahan. Buang kantung tinta yang terdapat di bawah rahang dengan pisau.
  2. Masukkan telunjuk ke dalam kantung tubuh cumi dan tarik keluar kotoran yang ada di dalamnya. Bentuk kotoran itu adalah bulatan kecil.
  3. Di dalam tubuh cumi terdapat tulang rawan di bagian punggung sebelah dalam. Tarik tulang tersebut untuk mengelupas lapisan kulit cumi yang berwarna ungu. Bersihkan kulit sehingga cumi berubah warna jadi putih.
  4. Cuci semua bagian cumi yang akan dimasak menggunakan air mengalir sampai bersih.
     
  • Memasak cumi-cumi
  1. Masukkan cumi yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan. Taburkan sedikit garam dan gula pasir, nyalakan api kecil, dan tutup wajan. Pada proses ini cumi akan mengeluarkan air. Setelah airnya surut, tuang sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Bolak-balik hingga airnya betul-betul kering. –
  2. Setelah cumi kering dan sudah ditiriskan, Anda bisa mengolahnya menjadi masakan yang diinginkan.



Leave a Reply.